23.11.15

tentang yu sing

yu Sing-arsitek |  Indonesia.


Yu Sing lahir di bandung, jawa barat, Indonesia pada tahun 1976, dan lulus S1 dari teknik arsitektur ITB pada tahun 1999. Yu Sing memulai karirnya sebagai arsitek sejak 1999, salah satu pendiri studio genesis dan pada tahun 2008 mendirikan akanoma (singkatan dari akar anomali). Akar anomali menegaskan komitmen studio untuk senantiasa berakar kepada konteks budaya, potensi, dan persoalan di Indonesia. Yu Sing percaya bahwa arsitektur harus dapat melayani semua kalangan tanpa batas. Karena itu, akanoma mulai membantu desain rumah murah dengan jasa desain murah, agar kalangan menengah ke bawah juga dapat menikmati rumah yang didesain dengan baik. Yu Sing juga menulis artikel di blog dan majalah, serta memberikan banyak workshop dan seminar di kampus dan komunitas di berbagai kota (Bandung, Yogyakarta, Solo, Jakarta, Pontianak, Semarang, Medan, Surabaya, Makassar, Malang, Bali, Banjarmasin, Balikpapan, Kendari, Lampung, Pekanbaru, Jambi, Batam, Aceh) yang mengajak mahasiswa dan arsitek muda untuk melayani semua kalangan.
Ruang diskusi publik dengan masyarakat dapat dilakukan melalui blog, email, dan media sosial. Yu Sing juga menulis buku berjudul mimpi rumah murah pada tahun 2009. Pada tahun 2012 Yu Sing bersama Prima Rusdi dan Mandy Marahimin dengan crowd funding wujudkan.com menggagas proyek filantropi ‘papan untuk semua’ yang bergerak di bidang perumahan dan ruang publik untuk rakyat untuk menjangkau masyarakat berpenghasilan rendah.
Yu Sing memberikan bengkel kerja/workshop arsitektur sebagai berikut:

1.     bengkel kerja desain rumah murah & kuliah tamu memasyarakatkan arsitektur, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 21-22 oktober 2009.
2.     les arsitektur pengembangan ruang publik dalam kampung kota [pamulang barat], Institut Teknologi Indonesia, 3-5 juni 2011.
3.     mAAN mentok tin mining city: ‘exile’ city as a process towards unique & specific ecotourism, mentok, pulau bangka, 20-28 july 2011.
4.     Joint design studio indonesia-japan 2011, design intervention for sensible high density urban kampung of megacities, Department of Architecture Faculty of Engineering University of Indonesia, Research Institute of Humanity and Nature (RIHN) Kyoto, Chiba University, The University of Tokyo, Tokyo University of Science, 08-18 September 2011.





Selain itu, yu sing juga menjadi juri beberapa sayembara desain arsitektur yang berhubungan dengan rumah murah dan perbaikan kampung sebagai berikut:

1.     Juri sayembara rumah rakyat 2009, studio habitat indonesia, 2009.

2.     Juri sayembara penataan kampung pinggir kali brantas malang, mahasiswa arsitektur rayon jawa timur, 2010.

3.     Juri sayembara rumah murah sehat, seri rumah ide & gramedia pustaka utama, 2010.

4.     Juri sayembara desain rumah tinggal di kampung kota ‘housing solution for a better living at pademangan’, universitas trisakti,  2010.

5.     Juri sayembara balai perkumpulan warga kampung layur semarang, universitas katolik soegiyapranata semarang, 2011.
6.     sayembara rumah tropis nusantara di kampung kota, universitas brawijaya malang, 2011.
7.     Juri laras award 2012 (in absentia).
8.     Juri sayembara penataan pedagang kaki lima di monumen perjuangan jawa barat bandung, universitas parahyangan, 2015.
Penghargaan

2016

  • Pemenang penghargaan internasional Green Leadership Award dari BCI Asia untuk karya rumah belajar lingkungan ocean of life indonesia, watu kodok, gunung kidul, yogyakarta.

2015
  • Pemenang 3 Citation Of Excellent Architectural Design Reflecting East Asian Identity untuk karya wikasatrian (wika leadership centre).
  • Pemenang 1 holcim awards indonesia 2015 for sustainable construction untuk karya ocean of life indonesia, watu kodok, gunung kidul, yogyakarta.
  • Pemenang 2 sayembara propan desa wisata nusantara untuk konsep strategi desa wisata sembalun lawang, lombok, NTB.
  • Tempo property award (hunian ramah lingkungan) untuk 3 karya, yaitu: perumahan taman tengah griya mitra insani 2 cibubur, rumah puzzle jakarta barat, rumah panggung kelapa gading jakarta utara.

2012
  • pemenang 1 sayembara terbatas (undangan) wikasatrian (WIKA Leadership Center), pasir angin, gadog, bogor.
2011
  • pemenang ke 4 sayembara stasiun riset orang utan kalimantan di kalimantan barat.
2010
  • pemenang 3 sayembara internasional FuturArc Prize 2010 (a PROTOYPE for ecological living): oasis social housing.
2009
  • pemenang utama holcim award indonesia 2009 for sustainable construction untuk caringin family ‘village’ improvement.
  • pemenang 1 sayembara gedung pusat pelayanan akademik universitas negeri makassar, menara pinisi.
  • pemenang 1 sayembara tanpa hadiah (www.rujak.org) , co-housing : 1 rumah untuk 4 keluarga kalangan menengah.
2008
  • pemenang 5 sayembara rumah sakit akademik ugm yogyakarta.
  • pemenang 3 sayembara desain muka dan interior galeri indogress, tangerang.
2007
  • finalis sayembara terbatas sekolah internasional bpk penabur banda, bandung.
  • pemenang 6 sayembara taman borobudur jakarta bersama oky kusprianto.
  • pemenang 1 sayembara desain muka jakarta design centre.
  • top 10 sayembara fasade rumah ide.
2006
  • pemenang 3 lomba desain taman rakyat cimahi.

2004
  • pemenang 1 sayembara terbatas tk internasional bpk penabur bahureksa, bandung.
  • pemenang 2 sayembara terbatas sekolah internasional bpk penabur singgasana pradana, bandung.
1999

  • pemenang 1 sayembara terbatas gereja kristen indonesia anugerah bandung, bersama yohan tirtawijaya, herjagus kurnia, anton jo.

Tidak ada komentar: