7.6.11

reinterpretasi rumah betang

ini karya pertama saya & tim di tanah kalimantan,
yang langsung berkencan dengan ketakjuban pada rumah panjang suku dayak.
untungnya pemilik rumah bersedia dan akhirnya bangga akan rumahnya yang terinspirasi oleh rumah panjang, walaupun mereka bukan suku dayak.
struktur rumah dari kayu ulin bekas, sebagian besar material kayunya pun kayu bekas yang digunakan kembali. proses membangunnya menjadi panjang, sambil menunggu kayu2 bekas di pasaran pengepul kayu, walaupun akhirnya sebagian kecil [rangka pergola halaman parkir] pakai kayu baru.
sisi kiri merupakan bangunan kantor yang fasadnya mentransformasi motif dayak akar betaut, yang maknanya persatuan dan kesatuan umat manusia. Belajar dari arsitektur tradisional memang seringkali menitipkan makna2 kehidupan yang lebih luas melalui berbagai hal, salah satunya pada elemen arsitektur.

tim desain: yu sing, benyamin narkan, christian lesmana, eguh murthi pramono, iwan gunawan.
tata lampu: ian
foto-foto: pak heru (pemilik) di pontianak
















12 komentar:

dejan mengatakan...

wah buagus buanget..mas! top markotop..tp kenapa didlm keliatan kurang cahaya, yaa?!

dejan mengatakan...

top markotop, mas! pasti terasa dingin bila berada didlmnya. tapi, kenapa terkesan kurang cahaya matahari, yaa?! tengkyuh, mas atas pencerahannya yg berarti.

yu sing mengatakan...

kebetulan kebanyakan foto malam.
kalau siang keliatan terang..tp bukan matahari langsung. jadi tetap teduh

ivan-fukuoka project mengatakan...

setelah lama menunggu akhirnya bertemu arsitek vernakular dengan paradigma amat sangat kontekstual, sungguh :D Selamat! Yu Sing. aku fans Lewis Mumford, Viktor Papanek juga McDonough & Braungart. kurasa mereka satu kubu pemikiran dgn Romo Mangun.
walau aku bukan arsitek namun aku sangat tertarik dgn arsitektur/desain selaras alam. dan satu waktu kalo aku mampu bangun rumah aku mohon Yu Sing mau jadi arsiteknya. Salam kenal dr @ivanfukuoka
tanikota.blogspot.com

yu sing mengatakan...

ivanfukuoka, terima kasih =. ini hasil kerja tim bersama.
siap =)kapan saja silakan kontak

Abby Dosrinov mengatakan...

sukses slalu yu sing..., think globally act locally nya dapet bangettt... kita dari mahasiswa arsitektur untag samarinda...pengen share lebih dan blajar akan kreatif yu sing.

jamesnurtanio mengatakan...

Pa Yusing, saya james,mahasiswa. Pa,saya mau tanya kalau motif seperti akar betaut itu bisa didapat atau dicari dr mana ya Pa? Trimaksih Pa.

jamesnurtanio mengatakan...

Pa Yusing, saya james,mahasiswa. Pa, saya mau bertanya kalau motif seperti akar betaut sperti itu bisa didapat atau dicari darimana ya Pa? saya tertarik dengan motif-motif sperti itu. Trimaksih Pa.

yu sing mengatakan...

sy dapat dr klien yg tinggal di pontianak

Anonim mengatakan...

Halo, boleh tahu alamat lengkap rumah ini di Purnama sebelah mana? Kebetulan kami tinggal di Pontianak dan suka banget sama karya2nya Pak Yu Sing. Terima kasih.

Anonim mengatakan...

Halo, boleh tahu alamat lengkap rumah ini di Purnama sebelah mana? Kebetulan kami tinggal di Pontianak dan suka banget sama karya2nya Pak Yu Sing. Terima kasih.

yu sing mengatakan...

kalau gak salah jl purnama 7 no 7