18.7.14

rumah produksi samsara pictures, jakarta selatan.

Rumah kreatif. Seperti itu kira2 yang perlu didesain. Ruang pencarian ide. Bermain-main. Kantor informal. Sekaligus serius dalam penggarapan produksi2 film maupun iklan dan lain2 yang menjadi fungsi utama rumah produksi ini.

Lokasi lahan menghadap barat, maka bangunan dibagi menjadi 2 massa besar kiri kanan memanjang hadap utara dan selatan. Sisi barat untuk kamar mandi dan balkon. Panas matahari yang berlebih telah dikurangi cukup banyak. Bagian tengah massa adalah ruang jembatan. Lantai bawah untuk teras. Lantai atas ruang duduk informal. Sebetulnya fungsi2 ruang tidaklah sekaku itu. Ruang duduk suatu saat bisa menjadi latar produksi iklan produk tertentu. Juga ruang2 lain.

Sesuai fungsinya sebagai rumah produksi, perlu banyak variasi suasana agar memberikan kemungkinan latar gambar video menjadi beragam. Massa kiri/utara cukup besar 2 lantai dibangun menggunakan scaffolding (alat bantu konstruksi) sebagai struktur utamanya. Massa ini berfungsi sebagai ruang workshop dan produksi. Massa tengah berstruktur baja, dengan anak tangga kayu yang dipasangi per dan digantung angklung agar berbunyi setiap anak tangga diinjak. Massa kanan/selatan sebagai kantor2 berstruktur beton 2 lantai dan ditumpangi massa berstruktur kayu di lantai 3 yang dibuat panggung di atas kolam. Fasade depan massa beton dijadikan dinding panjat tebing untuk tempat melepas penat tim kerja rumah produksi ini.

Pilihan2 material dalam keseluruhan bangunannya mempertimbangkan kemudahan perawatan dalam arti relatif tidak perlu dijaga mulus kilap, mengingat aktivitas dan lalu lalang kegiatan yang sangat tinggi dalam waktu2 tertentu, juga terutama dipilih untuk penghematan anggaran konstruksi yang cukup ketat.














































Arsitek  : studio akanoma
Tim desain: yu sing, wilfrid, peter antonius, benyamin narkan
Kontraktor: thomas suwanto
Foto: kristoporus primeloka

padalarang, 18 juli 2014
yu sing

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Halo Mas Sing. Lama tak sua. Mudah mudahan Mas Sing dan Tim Akanoma serta keluarga sekalian sehat sehat walafiat juga berbahagia.

Mau nanya dikit; kontraktor thomas suwanto dan thomas kalingga itu orang yang sama kah? atawa berbeza?

Haturnuhun

.papin.

G. Safarino (GSB) mengatakan...

Pak Yusing.. tembok toilet itu finishing beton bagimana ya.. menarik dan pengen mencoba kreasi