20.4.12

papan untuk semua: rumah keluarga uay


Rumah keluarga Uay (tukang ojek, menikah, 2 anak) di dago giri rusak berat. 





Saya adalah seorang arsitek dan proyek "Papan Untuk Semua: Atap untuk Rumah Uay" adalah sebuah proyek filantropi yang saya gagas melalui situs wujudkan.com untuk penggalangan dananya. 
http://wujudkan.com/projects/detail/40/papan-untuk-semua-atap-untuk-rumah-uay )
Uay adalah seorang tukang ojek dengan kondisi rumah yang membahayakan kondisi penghuninya/tak layak huni. Saya mendesain rumah baru untuknya.





denah lantai 1 sebagai ruang multifungsi,
dipersiapkan untuk rumah uay bisa tumbuh (di bagian bawah) 
tanpa harus membongkar rumah sebelumnya yang telah terbangun nanti.

denah lantai 2 terdiri dari 2 kamar tidur, 1 ruang multifungsi, balkon.

Saat ini pondasi dan septic tank telah selesai, sementara rangka rumah sedang dikerjakan. Seluruh pengerjaan rumah akan dilakukan sendiri oleh Uay dengan dibantu tetangga-tetangganya dan tukang kayu yang mendampingi. Dan saya sendiri tidak memungut biaya atas jasa arsitektur yang saya berikan. Seluruh donasi yang terkumpul akan digunakan untuk membeli bahan bangunan untuk pengerjaan atap.
Melalui proyek ini, saya ingin memasyarakatkan fungsi/tugas sosial arsitek, antara lain dengan: 
- Mendesain rumah murah yg sesuai dengan kebutuhan penghuninya 
- Meningkatkan kualitas hidup orang-orang di sekitarnya dengan memberikan mereka rumah yang aman untuk ditempati pemiliknya serta menjawab kebutuhan dasar akan tempat tinggal.
Proyek Atap untuk Rumah Uay ini dimaksudkan sebagai proyek percobaan untuk bisa berlanjut guna mendukung penerima bantuan lainnya, dengan cara memberikan bantuan dalam bentuk pinjaman. Penting bagi si penerima pinjaman untuk memahami perlunya ia memenuhi komitmennya untuk mengembalikan pinjaman yang diperolehnya agar proyek serupa ini bisa berlanjut untuk penerima bantuan berikutnya. Ringkasnya, proyek ini lebih tepat untuk dilihat sebagai ajakan gotong-royong jangka panjang yang bersifat filantropis dan ditujukan untuk mencari solusi jangka panjang, bukan sekedar bantuan sosial jangka pendek yang sering didasari oleh rasa iba semata.
Penggalangan dana akan dilangsungkan dalam beberapa tahap. Tahap pertama untuk membeli bahan bahan pembuatan atap. Jika tercapai, maka saya bisa menjalankan fase berikutnya, yaitu pembangunan dinding, dan lalu kamar mandi



Sekarang struktur rangka kayu (bekas) rumahnya telah berdiri dan hampir selesai. Dana yang terkumpul dari para donatur melalui wujudkan.com akan digunakan untuk membangun atap rumah uay, dan berlanjut ke bagian-bagian rumah lainnya. Terima kasih untuk perhatian dan dukungan dana dari teman-teman donatur yang membantu mewujudkan rumah keluarga uay.






struktur rangka kayu bekas yang telah selesai dipasang
atap sudah selesai

lantai juga mulai dipasang

tidak lama lagi dinding juga dapat dikerjakan

pemandangan dari lantai 2 rumah keluarga uay

05 oktober 2012
Teman-teman yang baik, rumah keluarga Uay sudah ditempati sejak sebelum hari raya lebaran. Saya minta maaf karena baru sempat memberi update hari ini, akibat jatuh dari motor dan tangan kanan cidera.
Tapi inilah foto-foto dari rumah Uay (oleh gustav anandhita) yang sudah jadi . Terima kasih untuk teman-teman semua. Berkat dukungan teman-teman dan Wujudkan.com, Kel Uay bisa berlebaran dengan tenang di rumah mereka yang kini aman/layak huni.

















salam
yu sing




9 komentar:

Anonim mengatakan...

Atap seperti itu bukankah justru membuat suhu ruangan menjadi panas ya? CMIIW

Anonim mengatakan...

Pak Yu Sing, saya tertarik dengan salah satu jendela di dinding yang miring.
Itu kalau hujan apa g basah yah Pak? :D

yu sing mengatakan...

@anonim, ini lokasi di bandung utara yang sejuk, jadi relatif ga terlalu panas, kalau mau bagus ya harus dikasih plafon dan ada lubang udara mengalir di atas plafon (di bawah atap) itu, tapi biayanya ntar kemahalan.

@novita, kalau hujan angin besar, mungkin ada tampias dikit =p

Iwan mengatakan...

Saya sangat tertarik dengan element sutainability dlama pembangunan komunitas dengan menggunakan berbagai disiplin ilum untuk kesejahteraan bersama. Di Inggris ada program TV Grand Design yang diasuh oleh Kevin McCloud, pernah menonton atau membaca majalahn ya?

Salam
Iwan Nazirwan
Co-founder & Managing Director Microbanker Connection Australia
www.mikrobanker.com

Abah mengatakan...

idenya keren. :D

yu sing mengatakan...

makasih mas

yu sing mengatakan...

mas iwan, belum pernah nonton atau baca.
iya, perlu mengajak lebih banyak komunitas peduli sesama dan lingkungan. katanya kita kan punya gotong royong =)

Anonim mengatakan...

saya selalu terinspirasi oleh misi yang diusung oleh Mas Yu Sing untuk memayaratkan arsitektur -bahwa arsitektur bukan hanya konsumsi kaum elit dan berduit. juga semangat untuk menghidupkan kembali arsitektur nusantara. semoga saya bisa mengikuti jejak Anda. :)

Anonim mengatakan...

Terima kasih atas inspirasinya, Mas / Pak Yu Sing... :)